Pentingnya Makan Pagi (Sarapan)

Sering kita mengabaikan sarapan atau makan pagi, kadang-kadang karena kesibukan atau mengejar waktu sehingga makan pagi pun terabaikan. Sebenarnya makan pagi banyak manfaatnya, mungkin bisa dibaca alasan pentingnya sarapan atau makan pagi itu di tulisan berikut ini.

Manfaat makan pagi atau sarapan adalah;

  • Membantu untuk mencukupi zat gizi.
  • Dapat memelihara ketahanan tubuh, agar kita dapat beraktifitas atau belajar atau bekerja dengan baik.
  • Membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran.
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan mempunyai asupan kalori harian yang lebih rendah dibanding orang yang tidak sarapan, dan wanita yang sarapan mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah (artinya lebih kurus) dibandingkan wanita yang tidak sarapan.
  • Sarapan terbukti meningkatkan konsentrasi, kreatifitas, dan atensi seseorang.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menemukan bahwa resiko menjadi obesitas menurun 3 kali lipat bila sarapan dilakukan dengan rutin.
  • Suatu penelitian menemukan bahwa sarapan akan meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 25%.
  • Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sarapan bisa mengurangi tingkat resistensi dari insulin. Resistensi insulin merupakan cikal bakal terjadinya penyakit kencing manis dengan segala komplikasinya yang cukup menakutkan.
  • Sarapan mampu menekan kadar LDL (kolesterol jahat).

Bagaimana Sarapan yang sehat?

Sebaiknya mengikuti pola makan seimbang yakni komposisi karbohidrat 60-68 persen, protein 12-15 persen, lemak 20-25 persen, dan serat 10-15 gram. Selain itu, porsi sarapan juga minimal mencapai 20 hingga 25 persen dari total jatah kalori selama satu hari. Sarapan rendah lemak yang sehat akan membuat kenyang hingga waktu makan siang. Sarapan yang baik akan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, sehingga Anda terhindar dari keinginan untuk makan sebatang cokelat atau ngemil donat saat rehat minum kopi sebelum makan siang. Studi menunjukkan makanan tinggi protein dan tinggi karbohidrat bisa membantu memuaskan selera makan, serta bermanfaat meningkatkan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh anda. Sarapan tidak harus nasi. Sereal, roti, kentang, dan mie bisa menjadi alternatif. Pilih menu sarapan yang praktis dan bervariasi dari berbagai jenis bahan makanan. Susu atau hasil olahannya seperti yogurt sangat dianjurkan. Bisa dilengkapi dengan buah segar atau yang diblender. Pilihan jus jeruk atau jus wortel bisa jadi pilihan. Minum air putih cukup, minimal dua gelas.

Penelitian menunjukkan bahwa jika jumlah kalori dari menu sarapan tinggi, maka kalori dan lemak harian secara keseluruhan juga tinggi dan asupan vitamin dan mineral turun. Juga, berbeda halnya dengan kaum wanita, tidak ada perbedaan indeks massa tubuh pada pria yang sarapan dengan yang tidak.

Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 1999 sampai dengan 2004 dan melibatkan 12 300 orang dewasa. Salah satu anggota peneliti adalah Ashima Kant, PhD, professor dari Queens College of the City University of New York.

Referensi :

Kant, A. The American Journal of Clinical Nutrition, November 2008; vol 88: pp 1396-1404.

Benefits of Breakfast

Breakfast is Part of a Healthy Lifestyle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s