Sulit Tidur

Para ahli berpendapat, kesulitan tidur erat hubungannya dengan stres. Stres memang erat hubungannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak sekali hal yang dapat membuat kita stres, baik dalam pekerjaan, kehidupan sosial, maupun dalam kehidupan rumah tangga. Bila kita tidak dapat mengatasi keadaan ini, stres akan berdampak dalam seluruh kehidupan kita. Salah satunya adalah kenyenyakan tidur. Jadi, menyesuaikan diri dengan keadaan seharihari dan manajemen stres amat penting bagi kita.

Menghadapi stres. Tom Brian, direktur konseling dan psikologi dari University of Tulsa, Amerika Serikat, mengatakan ada beberapa hal yang dapat kita coba untuk menghindar dari stres ringan sehari-hari. Yang pertama adalah dengan berolah raga. Nasihat ini memang sering diberikan para ahli. Tapi yang jelas, bila tubuh kita sehat, kita tidak akan mudah terserang stres karena antibodi dari tubuh kita dapat mengatasinya.

Yang kedua adalah humor. Seringseringlah bercanda dengan orang orang di sekeliling Anda. Jangan terlalu tegang dalam menghadapi sesuatu karena bila kita tegang maka sebagian tenaga kita akan habis oleh rasa tegang tersebut. Otomatis, energi kita akan semakin berkurang.

Yang ketiga adalah pengalaman religius. Pendekatan religius ini bisa kita dapatkan dari kegiatan beragama, mendekatkan diri dengan alam, atau melakukan meditasi dan yoga.

Mengatasi sulit tidur. Jeanette Goetz, psikoterapis, mempunyai beberapa cara mengatasi kesulitan tidur. Jika Anda sering merasa gelisah karena tidak yakin apakah semua jendela dan pintu sudah terkunci, periksalah pintu dan jendela sekali saja sebelum tidur. Lalu, tulislah pada secarik kertas dan taruh di sebelah Anda.

Jadi, Anda tidak perlu bangun berkali-kali. Setelah itu, tariklah napas dalam-dalam dan berkonsentrasilah Dengan cara ini, Anda akan dapat menenangkan berbagai pikiran yang menganggu. Gunakan tempat tidur hanya sebagai tempat untuk tidur. Jangan membaca atau bekerja di atas tempat tidur. Cobalah untuk memejamkan mata. Namun, bila kira-kira 10-15 menit Anda tidak bisa tertidur, bangunlah dan lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda relaks. Misalnya membaca majalah atau kegiatan lain yang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi tinggi.

Hindari nikotin, kafein, dan tidur siang berlebihan, serta makanlah makanan sehat. Nikotin dan kafein dapat membuat tubuh dan pikiran Anda aktif sehingga Anda akan sulit tidur. Juga, jangan biasakan menggunakan obat-obatan untuk mempercepat tidur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s