Realita

Realita yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dihindari. Tapi…apapun yang terjadi, sebagai orang yang beriman, kita harus yakin bahwa itulah yang terbaik buat kita menurut ilmu Allah SWT. So…apa yang bisa kita lakukan? Kuncinya adalah SIAP & RIDHO. Artinya kita harus membekali diri dengan sikap mental siap & ridho terhadap segala realita, mulai dari realita yang sesuai dan tidak sesuai dengan harapan kita. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 216 “Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Nah…kalau kuncinya sudah kita pegang & diamalkan, Insya Allah kita bisa berpikir dengan lebih tenang. Lagian, kan ada Allah bersama kita🙂. Selama perbuatan kita dalam ketaqwa’an, apa yang kita khawatirkan ???. Positif thinking terhadap Allah. Seperti dalam firmanNya, yaitu QS 3:154 “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah.” Pasrahkan saja pada Allah. Semua kejadian pasti ada hikmahnya. Tinggal bagaimana kita mengambil ibrohnya. Dalam setiap kejadian, Allah hendak memandaikan kita.

Ibarat seorang Chef. Dalam suatu perlombaan memasak, Chef baru tau bahan apa saja yang telah disiapkan untuk dilombakan. Chef harus siap dan tidak protes dengan bahan yang sudah ada. Dalam waktu yang singkat, Chef harus berpikir cepat untuk menyajikan hidangan terlezat dan bergizi tentunya😀. Chef tentu sudah ahli dalam hal memasak, sehingga dalam waktu yang telah ditetapkan, dia berhasil menyajikan sebuah hidangan layak saji.

Nah, bagaimana kalau seandainya bahan-bahan tersebut ada di tangan orang yang belum tau ilmu memasak????? Bisa jadi, hidangannya tidak layak untuk dinikmati atau bisa juga bahan-bahan tetap utuh (tidak jadi hidangan), karena tidak tau cara mengolahnya.

Apa yang bisa kita petik dari ilustrasi tersebut? ILMU. Jadi, untuk melakukan segala sesuatu harus punya ILMU. Tanpa ilmu, orang akan buta dalam melangkah. Tidak mendapat ilmu bagaikan orang yang tidak mempunyai bacaan.

Bagi pembaca, mudah-mudahan tulisan di atas bermanfaat dan mohon diluruskan pada hal yang perlu diluruskan. Karena saya hanyalah hamba yang dhoif. Afwan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s